Keluarkan Maklumat, Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh. S.Sos : ASN Wajib Menjaga Netralitas Pilkada 2020

Keluarkan Maklumat, Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh. S.Sos : ASN Wajib Menjaga Netralitas Pilkada 2020
Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdulloh. S.Sos

KALTIM.BALIKPAPAN - Kegiatan Reses Sekaligus Jumpa Pers yang digelar oleh Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdulloh S.Sos , Dengan ini menyampaikan kepada seluruh Aparat Sipil Negara (ASN) Kota Balikpapan, harus menjunjung tinggi netralitas dalam seluruh rangkaian Pilkada Balikpapan 2020 . Kamis (05/11/2020)

Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh S.Sos berbicara soal Undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara . berdasarkan pasal 2 huruf F disebutkan, penyelenggaraan kebijakan dan manajemen ASN berdasarkan pada asas netralitas .

Asas netralitas yang dimaksud yaitu, setiap pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak boleh berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak boleh memihak kepentingan siapapun .

Berdasarkan pasal 9 ayat (2) bahwa Pegawai ASN harus bebas dari Pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik . Peraturan pemerintah nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin
Pegawai sipil pasal 4 angka 15 , itu juga sudah dijelaskan dalam pasal 9 ayat 2 bahwa ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik .

Adapun peraturan pemerintah nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) pasal 4 angka 15 bunyinya setiap PNS dilarang memberikan dukungan kepada calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah, seperti terlibat dalam kegiatan kampanye untuk mendukung Paslon Kepala Daerah, dan menggunakan fasilitas yang terkait dengan jabatan dalam kegiatan kampanye .

Termasuk tidak membuat keputusan atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan dari salah satu pasangan calon selama masa kampanye nanti .

Adapun Larangan yang mengadakan kegiatan terutama mengarah pada keberpihakan terhadap pasangan calon yang akan menjadi peserta pemilu selama dan sesudah masa kampanye seperti pertemuan, ajakan, himbauan, seruan, atau pemberian barang kepada PNS dalam lingkungan untuk kerjanya .

“Aparat Sipil Negara Kota Balikpapan wajib memberikan pelayanan yang terbaik, kepada masyarakat dengan tidak diimingi kepentingan suatu kelompok dan golongannya dalam menjalankan tugasnya” Ungkap Abdulloh S.sos

“Setidaknya bisa menjadi role mode bagi masyarakat,untuk menggunakan hak pilihnya secara bijak dan tegas pada tanggal 09 Desember 2020 dan tidak menjadi bagian dari golongan putih,” bebernya

“Untuk kedepannya yang pastinya saya akan selalu memperjuangkan hak-hak masyarakat, termasuk memperjuangkan hak Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Balikpapan agar tetap mendapatkan tunjangan kinerja yang layak dan sesuai pelayanan yang diberikan” Kata dia

“Selain sebagai motivasi untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi, kepada masyarakat maka demi pengabdian dan bukan karena kepentingan tertentu dari suatu golongan”pungkasnya

Selain itu Ketua DPRD kota Balikpapan akan merencanakan menaikan tunjangan kinerja ASN bila target APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) tahun 2021 memenuhi target yang sudah direncanakan (Fahmi.BN)